Jumat, 22 Januari 2016

WISATA PANTAI PRIGI


Pantai yang populer dikalangan wisatawan di Trenggalek yaitu deretan pantai Prigi-Karanggongso karena selain akses jalan yang mulus, fasilitas, sarana prasarana pantai yang memadai, juga banyak pilihan tempat wisata, seperti pantai Prigi, Pantai Karanggongso, pantai damai, hutan wisata mangrove dan lain2nya. Jalur menuju pantai tersebut tidak seperti yang dibayangkan jalan datar menuju pantai karena wilayah pantai merupakan daerah titik rendah di atas permukaan bumi. Pantai Trenggalek tersembunyi di barisan pengunungan selatan.

Berangkat dari Tulungagung, kami menempuh jalan provinsi Tulungagung-Trenggalek. Yah namanya juga lokasi wisata favorit dan andalan Kabupaten, Plang petunjuk jalan lengkap di setiap persimpangan jalan. Tidak seberapa jauh setelah memasuki gapura selamat datang di Trenggalek akan ada pertigaan dengan plang petunjuk menuju pantai Prigi belok kiri. Ikuti jalan tersebut memasuki kecamatan Bandung sampai mentok menemui pertigaan, jika ke kiri pantai Popoh, ke kanan adalah pantao prigi. Kami mengambil jalab ke kanan dan pemandangan jalan yang kami lewati mulai terlihat menarik. Terdapat dua gunung yang agak unik bentuknya, Gunung Watulimo namanya. Perjalanan terus berlanjut melewati Gunung Watulimo, jalan mulai berkelok kelok dengan samping kanan kiri hutan atau kadang juga permukiman. Disini kita akan melewati objek wisata andalan Trenggalek yaitu Gowa Lowo yang mempunyai sejarah dengan kerajaan Mataram.

Setelah melewati Gowa Lowo, jalan masih sama berkelok, naik turun serta melintasi daerah Hutan dan daerah rawan tanah ambles, melewati daerah ini.kita dianjurkan untuk hati-hati. Setelah kurang lebih 40-50 menit motoran, kita bisa melihat pemandangan laut yang di apit pegunungan. Di tmpat ini bisa di bilang gardu pandang untuk melihat pemandangan tersebut. Di sekitar daerah ini juga terdapat gubuk-gubuk penjaja makanan. Entah nnti akan menjajakan makanan seperti warung kopi atau mungkin jd warung durian siap saji saat musimnya nnti. Karena sekitar hutan sini terdapat banyak pohon durian, pas kami kesini pentol durennya udah gede mungkin sebulan lagi udah siap santap :9. Dekat gardu pandang ini terdapat air terjun pinggir jalan. Tidak bisa bermain air disini karena menurut saya agak berbahaya karena posisinya di pinggir tebing. Harga tiket wisata pantai Prigi memang cukup murah dan tidak terlalu mahal. Pada saat ini harga tiket masuk di pintu utama Pantai Prigi adalah sebesar Rp 5.000 rupiah per orang dan untuk satu kali masuk.

Fasilitas Pantai Prigi Trenggalek

Pantai ini memiliki pasir putih kecoklatan, dimana pantai prigi selalu ramai dikunjungi para wisatawan, terlebih pada penghujung akhir pekan atau hari libur. Fasilitas yang ada di Pantai Prigi Trenggalek antaralain :
– Penginapan
– Rumah Makan
– Warung & Cafe
– Bumi Perkemahan
– Tempat Olahraga
– Taman Bermain
– Area Parkir

Jika anda ingin menikmati suasana pantai, tidak lengkap rasanya jika anda tidak menyantap ikan bakar. Nah, demi melengkapi kepuasan dalam menikmati pemandangan laut itulah, maka  menuju salah satu warung ikan bakar dari sekian banyak yang terhampar di pinggiran pantai. Setelah berjalan menyusuri warung- warung, maka akhirnya masuk dan memilih pada sebuah menu ikan kakap bakar besar plus sambel dan lalapan dihargai 50 ribu rupiah. Ditambah empat porsi nasi putih, dua gelas es jeruk dan sebotol Aqua, total menjadi 85 ribu. Hmm .. tanpa banyak tawar menawar langsung berujar serempak .. “Oke, Sikat!!!”
Dan setelah lidah ini menikmati sang ikan dan sambelnya, hmmm …. Harga yang memang pantas. Dan hanya dalam waktu singkat, badan sang ikan sudah berpindah ke perut kami berempat. Kenyang!!!! Karena bertepatan dengan bulan purnama, dan sudah menjadi kebiasaan bagi mereka jika bulan purnama tiba maka semua nelayan lebih banyak melakukan aktivitas di darat. Salah satu diantaranya adalah metani (memperbaiki, red) jaring. Di saat seperti itu, hampir sepanjang pantai yang biasanya penuh ikan yang dijemur, berubah tempat menjadi areal parkir jaring nelayan. Meski di darat ada perubahan jadwal kegiatan nelayan, keindahan pantai prigi sepertinya tidak ingin ikut berubah. Deburan ombak yang tenang di kala siang, berubah menjadi tak begitu ramah di saat malam, khas kawasan pantai laut Selatan. Di sepanjang pantai yang luasnya rnencapai kurang lebih tujuh hektar itu pengunjung bisa menyusuri pasir, sebelum akhirnya sampai di tempat pelelangan yang rnerupakan pendaratan ikan terbesar di Pantai Selatan setelah Cilacap.


Sumber :
 http://www.catatannobi.com/2015/01/jalur-wisata-pantai-trenggalek.html
 http://www.iwisataindonesia.com/1086/wisata-pantai-prigi-trenggalek-yang-indah.html
 https://jawatimuran1.wordpress.com/2013/06/01/pantai-prigi-kabupaten-trenggalek-2/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar