Sabtu, 30 Januari 2016

BUNGA EUPHORBIA


Ya...... Euphorbia bunga keberuntungan yang kaya warna.

Klasifikasi Bunga Euphorbia

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Rosidae
Ordo: Euphorbiales
Famili: Euphorbiaceae
Genus: Euphorbia
Spesies: Euphorbia milii Ch.Des Moulins 

1) Cara merawat bunga euphorbia agar cepat berbunga
 Bunga euphorbia yang mungil nan cantik ini tentu tetap memerlukan perawatan. Perawatan yang diberikan pun sebenarnya tidak terlalu rumit. Hanya saja anda perlu sangat telatn ketika melakukan perawatan untuk bunga yang tidak memiliki batang kayu seperti bunga euphorbia ini.
Contohnya, jika anda memberikan terlalu banyak air pada bunga euphorbia, maka batang maupun akarnya dapat membusuk.  Dalam jangka waktu satu minggu saja, tanaman bunga euphorbia sudah dapat mengsalikan bunga-bunga. Bunga tersebut memang masih dalam bentuk bakal bunga sebelum akhirnya mereka mencapai umur satu bulan dan bakal bunga tersebut lalu mekar. 

Bunga euphorbia bukanlah jenis bunga yang memiliki bau harum, namun bentuk bunga serta daun dan ukurannya yang tidak terlalu besar menjadikan bunga ini favorit di antara para pecinta bunga. Perhatikan hal-hal berikut ini:

Penyiraman
Menyiram bunga euphorbia tergolong sedikit susah. Ini dikarenakan sedikit saja air menggenang di media tanam, maka akan menyebabkan batang bunga euphorbia busuk atau yang paling ringan adalah daun-daunnya menguning dan layu. Dan, ketika menyiram, jangan terlalu deras menyiramkan air pada tanaman euphorbia, salah-salah anda dapat menggores daun tanaman ini pada duri-duri yang terletak pada batang.

2) Cara Merawat Bunga Euphorbia – Cahaya matahari

Tanaman bunga euphorbia, dari asalnya bunga ini memang hidup di daerah panas. Bahkan, ia juga dapat bertahan di iklim gurun, sehingga cahaya matahari sangat dibutuhkan untuk membuat tanaman hias satu ini untuk tetap dapat bertahan hidup. Biarkan tanaman ini ditanam ataupun ditempatkan di luar ruangan yang dapat terkena cahaya matahari satu hari penuh.
Pemupukan
Menanam bunga euphorbia di dalam pot akan menyebabkan euphorbia sedikit kekurangan unsur hara dari semestinya. Jadi, beri tanaman ini pupuk jenis majemuk yakni campuran antara NPK, N dan PK. Untuk perbandingan takarannya, PK harus lebih besar jumlahnya dari kedua unsur yang lain.
Dapat dimengerti bukan penjelasan di atas? Merawat tanaman euphorbia ini tidak mengharuskan anda untuk memiliki keahlian khusus. Cukup lakukan beberapa cara merawat bunga euphorbia di atas dan euphorbia anda pun akan dapat tumbuh dengan baik. Jangan lewatkan juga untuk menanam geranium, Anti nyamuk alami yang efisien!


3) Kandungan Kimia Bunga Euphorbia

Bunga euphorbia mengandung : 
  1. Batang: Taraxerol, taraxerone, friedelan-3 alfa-ol, friedelan-3 beta-ol, epifriedelanol, sterol, progesterone, karbohidrat, asam amino, asam sitrat, asam malat, dan asam fumarat. 
  2. Daun: Peroxidase, calsium oksalat, peptic substance, kanji.
  3. Getah: Euphorbol, euphol, cyeloartenol.
4) Manfaat dan Khasiat Bunga Euphorbia Untuk Kesehatan 
  1. Diare akut.
  2. Malaria, demam.
  3. Membunuh serangga (insecticide).
  4. Radang anak telinga.
  5. Sakit gigi. 
  6. Hepatitis
  7. Bisul
  8. Pendarahan pada menstruasi
  9. Luka bakar 
  10. Sesak napas (asmatis).
  11. Rematik.
  12. Sembelit.
  13. Gigitan ular (akar)
 Sumber :
http://flowerian.com/393/cara-merawat-bunga-euphorbia-si-kecil-menarik.html 
http://tanaman--herbal.blogspot.co.id/2015/01/manfaat-dan-khasiat-bunga-euphorbia.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar