Jumat, 05 Februari 2016

BERGOSIP ATAU BERGUNJING

Perbuatan lain yang juga dilarang Allah adalah membicarakan keburukan orang lain atau bergibah. Misalnya membicarakan teman yang judes, teman yang pelit, bapak guru yang galak, ibu guru yang cerewet, dan sebagainya. Kalau sudah membicarakan keburukan orang lain, biasanya akan merembet pada hal-hal jelek lainnya tentang orang tersebut.  Astagfirllahal'adzim... sudah jelas itu berdosa, lo.
Seperti gambar dibawah ini, kita tidak boleh bergosip

Rasulullah saw. mengibaratkan perbuatan membicarakan orang lain itu seperti memakan bangkai manusia. Hiyyy.... kejam dan menjijikkan sekali, bukan? Jadi, kita tidak boleh sekalipun membicarakan keburukan orang lain sebab kalau sampai hal tersebut terdengar olehnya (orang yang kita bicarakan), tentu dia akan sakit hati dan sedih sekali.

Allah berfirman dalam Al-qur'an : " Dan janganlah sebagian kalian menggunjing sebagian yang lain." (QS Al-Hujurat :12)

Ketika kita bergosip atau bergibah, kita merasa menjadi orang yang paling benar dan tidak mempunyai kesalahan apa-apa. Padahal, bisa jadi kita lebih buruk daripada orang yang kita bicarakan. Lagipula, membicarakan keburukan orang lain tidak ada manfaatnya sama sekali. Hanya menambah musuh dan akan dijauhi teman.
Tahukah kalian bahwa bergosip juga bisa membahayakan? Misalnya
  1. stress bagi mereka yang terlibat dalam gosip,
  2. menyakiti perasaan,
  3. menghancurkan kerjasama dalam tim,
  4. menghambat komunikasi yang membutuhkan kepercayaan dengan memberikan dorongan bagi orang untuk menjaga mulut mereka, dan
  5. menciptakan reputasi yang negative.
Sumber :
http://jadibaik.com/5-bahaya-bergosip/
buku Halal dan Haram


Tidak ada komentar:

Posting Komentar